Rabu, 01 April 2015

Lumia 530 Dijual Rp 1 Jutaan di Indonesia

// // Leave a Comment
JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan secara global pada Juli 2014, Nokia Indonesia akhirnya memperkenalkan lini Lumia 530 di Indonesia. 

Smartphone ini merupakan ponsel pintar berbasis Windows Phone 8.1 yang memiliki bentang layar 4 inci dan kamera utama 5 megapiksel.

Masuk ke pasar Indonesia, Lumia 530 berusaha memikat pengguna entry level dengan harga bersaing dan fitur terbaru dari Windows Phone 8.1.

"Lumia 530 memiliki beberapa fitur yang akan disuka pengguna di Indonesia," kata Anvid Erdian, Product Marketing Manager, Software & Device Microsoft, dalam pertemuan media di Jakarta, Senin (1/9/2014).

Menurut Anvid, Lumia 530 menggunakan sistem operasi terbaru, Windows Phone 8.1 beserta fitur-fitur Windows Phone yang dibawanya. 

Sistem operasi mobile Microsoft terbaru tersebut bisa mengontrol aplikasi yang jalan dibackground, sehingga bisa membantu menghemat baterai. "Dengan Windows Phone 8.1 kita bisa put more controlsmartphone tidak mendikte kita, tapi kita yang mendiktesmartphone," ujar Anvid.

Pengguna juga bisa memindahkan aplikasi dan game dari penyimpanan internal ke eksternal.

Jeroan Lumia 530 sendiri mencakup prosesor quad-core 1,2 GHz Snapdragon 200, RAM 512 MB, kapasitas penyimpanan internal  4 GB, slot micro-SD hingga 128 GB, dan baterai 1.430 mAh.

Salah fitur unggulan Lumia 530 berasal dari aplikasi foto. Ia memiliki fitur Lumia Camera yang dilengkapi dengan settingan kamera, seperti white balance, ISO, speed, dan exposure. Perubahan setting bisa dilihat langsung di layar.

Sayangnya, Lumia 530 tak menyediakan kamera depan untuk memanjakan kegemaran orang Indonesia, yaitu "selfie".

Kekurangan ini ditutupi dengan fitur lain yang digemari pengguna ponsel tanah air, yaitu fitur Dual SIM. 

Fitur Smart Dual Sim yang dimiliki Lumia 530 bisa menentukan nomor SIM mana yang memiliki jaringan yang lebih baik. Dengan demikian, panggilan akan diteruskan ke nomor lain jika jaringan operator yang satunya lagi kurang baik.

Dari sisi aplikasi, Lumia 530 dilengkapi aplikasi Mix Radio untuk mendengarkan musik gratis secara streaming dari 21 juta koleksi lagu, dari major label maupun indie.

Urusan peta, aplikasi Here Maps dan Here Drive+ juga disematkan Nokia dalam Lumia 530. Peta Here Maps juga sudah termasuk nomor rumah serta kemampuan pemetaan mall-mall di Jakarta untuk melihat fasilitas sebuah mall lantai per lantainya.

"Beberapa mall besar di Jakarta saat ini sudah didukung, selanjutnya kami akan bekerjasama dengan dengan Here Maps ekspansi ke luar Jakarta," ujar Anvid.

Aplikasi peta Here Maps juga bisa digunakan sebagai GPS secara offline. Bahasa yang didukung sudah termasuk Bahasa Indonesia.

Terakhir, karena mengusung platform Windows Phone, Lumia 530 juga mendukung semua aplikasi Microsoft Office Mobile.

Lumia 530 dijual dengan harga Rp 1,4 juta dan mulai tersedia pasaran mulai minggu kedua September. Terdapat pilihan warna hitam , putih orange dan hijau untuk smartphone Windows Phone 8 Nokia termurah ini.

0 komentar:

Posting Komentar