Minggu, 05 April 2015

Apple Patenkan Kacamata ala Samsung Gear VR

// // Leave a Comment
KOMPAS.com - Apple baru saja mendapatkan sebuah paten head mounted display untuk teknologi virtual reality (VR). Menariknya, kacamata masa depan itu memiliki cara kerja mirip dengan Samsung Gear VR.

Pengguna dapat menyematkan iPhone ke bagian depan head mounted display dan memakainya seabagai kacamata untuk melihat tampilan virtual reality. Dalam patennya dikatakan, Apple memilih cara itu sebagai pengganti koneksi menggunakan kabel.

"Kerangkanya dapat digunakan sebagai tempat meletakkan alat elektronik portabel di depan mata pengguna. Layar milik alat elektronik portabel itu bekerja sebagai layar utama pada head mounted display," tulis Apple dalam paten tersebut, seperti dikutipKompasTekno dari Apple Insider, Jumat (20/2/2015).

Konsep garapan mereka menyertakan desain sebuah remote control yang dapat digenggam di tangan pengguna. Kegunaannya untuk mengendalikan konten yang muncul di layar head mounted display tersebut.

Pembuat iPhone itu pertama kali mengajukan paten tersebut pada September 2008 lalu. Hasilnya, paten tersebut dikabulkan oleh U.S. Patent and Trademark Office dengan nomor 8.957.835 untuk Perangkat Head Mounted Display untuk Menyematkan Alat Elektronik Portable dengan Layar. 

Paten yang disahkan Apple ini mirip dengan Samsung Gear VR. Hanya saja perangkat buatan perusahaan asal Korea Selatan itu menggunakan Galaxy Note 4 sebagai layarhead mounted display miliknya.

0 komentar:

Posting Komentar