Jumat, 03 April 2015

4G LTE XL Tinggal "Menghitung Hari"

// // Leave a Comment
JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah Telkomsel hadir dengan layanan komersial untuk 4G LTE, operator seluler XL Axiata tampaknya akan menyusul. Pihak XL menyatakan sedang bersiap meluncurkan layanan data seluler 4G LTE di penghujung tahun 2014.‎

"4G LTE kami pasti (meluncur) tahun ini, di frekuensi 900 MHz," ujar Head of Network Planning XL Axiata, Rahmadi Mulyahartono, ketika ditemui KompasTekno di Jakarta, Rabu (10/12/2014).

Kendati demikian, pihak XL Axiata mengaku masih belum bisa mengungkapkan tanggal pasti penggelaran jaringan 4G LTE miliknya. Begitu juga dengan skema billing yang sedang difinalisasi. "Pokoknya seperti lagu Krisdayanti saja, tinggal menghitung hari," tambah Public Relation Manager XL Axiata Henry Wijayanto.

XL Axiata telah mengajukan proposal untuk Uji Laik Operasi (ULO) 4G LTE dan kini tengah dalam proses peninjauan. Saat sudah lulus uji dan mendapat Sertifikasi Laik Operasi, operator seluler ini bisa memulai layanan 4G LTE.

Jika sudah digelar nanti, para pelanggan XL bisa menikmati layanan data 4G LTE dengan menukarkan kartu SIM lama dengan SIM card baru yang berisi pengaturan konfigurasi jaringan 4G LTE. Penukaran ini bisa dilakukan di XL Center terdekat. Nomer seluler lama bisa tetap dipertahankan.

Sebelumnya, pada akhir Oktober 2014, XL Axiata telah menggelar uji coba 4G LTE di beberapa wilayah di Jakarta, seperti Mall Kota Casablanca, Mall Central Park, dan Mall Senayan City. Bekerjasama dengan penyedia perangkat jaringan Huawei dan Ericsson, XL Axiata menjanjikan kecepatan transfer data 4G LTE hingga 100 Mbps.

Bersama dengan Indosat dan Telkomsel, XL Axiata adalah salah satu operator seluler yang memiliki alokasi frekuensi 4G LTE di frekuensi 900 MHz sebesar 7,5 MHz. Selain di frekuensi itu, XL Axiata juga berencana menggelar layanan 4G di frekuensi 1.800 MHz untuk digunakan secara agregasi dengan frekuensi 900 MHz.

0 komentar:

Posting Komentar